Baiklah sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana
memulai bisnis tanpa uang.itu adalah bebera cerita berdasarkan pengalam Bapak M.Suyanto, Prof. Dr, M.M. selaku ketua yayasan STIMIK AMIKOMYogyakarta.Beliau memulai membangun perguruan tinggi AMIKOM tanpa mengeluarkan
biyaya sepeserpun.Beliau memulainya dari titik yang paling rendah sampai menuju
puncak yang paling tinggi.dulu perguruan tinggi AMIKOM yang begitu kecil hingga
sekarang yang begitu megah.
Baiklah tanpa basa-basi lagi langsung saja menuju topik
pembahasan.Jika bisnis anda mulai berjalan lancar (biasa-biasa saja) ini lah
tips dari saya yaitu bagaimana memboomingkan bisnis yang anda tekuni.
1.CIPTAKAN VISI DAN MISI
Visi dan misi bisnis ini tidak terlalu berpengaruh pada
nilai ,kehendak strategi,tujuan dan sasaran yang besar.akan tetapi visi dan
misi ini untuk memberi arah dan sprangkat kriteria untuk mengukur kemajuan yang
dicapai dalam suatu perusahaan.
2.CIPTAKAN CAKUPAN
PEMASARAN
Penting bagi seseorang menciptakan cakupan pemasaran yang
ada sebagai perusahaan yang berkompetensi baik dalam komunitas,konsumen,industri,dan
segala produk.karna dengan menciptkan cakupan pemasaran anda tahu tujuan
pemasaran yang harusnya dicapai untuk meledakan bisnis anda.
3.MENCIPTAKAN PASAR TANPA BATAS
Untuk menciptakan hal ini harus mencermati industri
alternatif dapat pula dilakukan dengan mencermati kelompok-kelompok strategis
dalam industri (sekelompok perusahaan yang bersaing dalam hal yang sama).untuk
menciptakan hali ini harus melewati kelompok strategis dengan memahami faktor
apa yang menentukan keputusan konsumen .Biasanya konsumen mempertimbangkan dalam
kinerja dan harga.
4.MENCIPTAKAN DAYA TARIK EMOSIONAL DAN RASIONAL
Dalam bersaingan dalam dunia bisnis ada dua daya tarik untuk
menciptakan ketertarikan konsumen yaitu daya tarik emosional dan rasional.daya
tarik tersebut saling berlawanan dalam hal menciptakan keterkaitan tersendiri.
Daya tarik rasional berfokus pada praktek, fungsi atau
kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk, yang memberikan
tekanan pada manfaat atau alasan untuk mempunyai atau menggunakan suatu merek. Isi
dari pesan menekankan pada fakta dan persuasi logis. Daya tarik rasional
cenderung informatif dan pengiklan menggunakan Daya
Tarik Rasional dalam Iklan umumnya mencoba untuk meyakinkan konsumen bahwa
produk mempunyai manfaat khusus yang memuaskan konsumen.seperti contoh kampus
STMIK AMIKOM yogyakarta yang membuat brosur periklanan dengan menggunakan daya tarik rasional. brosur serta visi misi STMIKAMIKOM dapat anda lihat (disini)
sedangkan daya tarik emosional adalah daya tarik iklan yang
melibatkan perasaan seseorang. Iklan yang membidik tujuan emosional pernah
dicontohkan oleh Kawasaki. Kawasaki di Amerika, misalnya, pernah sukses
mengembangkan simbolisme bagi produk sepeda motornya dengan iklan yang
menggambarkan seorang pengelana kesepian sedang membelok tajam di tikungan di
jalanan gersang & sepi dengan lututnya hampir menyentuh tanah. Iklan ini
berhasil memancarkan rasa kebebasan, kecepatan, bahaya, dan kontak dengan alam
– pendeknya, emosi bukan performa produk itu sendiri.
5.ANALILIS LINGKUNGN
INTERNAL DAN EKSTERNAL.
Jadilah seorang konsumen dalam hal ini untuk mengerti menganalisis lingkungn disekitar.Penting
bagi seorang yang berbisnis menganalisis lingkungan internal,hasil dari
analisis lingkungan internal dapat menghasilkan kekuatan dan kelemahan
perusahaan.keunggulan perusahaan meliputi keunggulan dalam pemasaran,sumberdaya
manusia,keuangan,keunggulan operasi serta keunggulan organisasi dalam
manajemen.bagaimana sesorang mengerti akan kondisi yang sedang dia hadapi dan
apa yang diinginkan oleh kondisi tersebut.maka akan timbulr ide ide baru untuk
memikat konsumen ,apa yang konsumen inginkan .
6.MEMBUAT KONSEP
PEMASARAN
Penting bagi seorang pembisinis membuat konsep dalam
pemasaran agar konsumen tertarik akan produk yang di hasilkan.buatlah konsep
pemasaran tersebut semenarik mungkin agar mendapatkan respon yang kuat dari
masyarakat.entah berupa slogan atau yang lainya.
Seperti contoh perguruan tinggi swasta yang melonjak ,STMIKAMIKOM yogyakarta yang membuat slogan “Tempat Kuliah Orang Berdasi”.iklan
tersebut ditunjukan pada gambar berikut.
Itulah beberapa tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda
semua jika ingin mengetahui lebih
lengkapnya ,anda dapat mengunjungi profil Bapak M.Suyanto, Prof. Dr, M.M. (disini) atau web beliau (disini).
Untuk mengetahui lebih banyak tentang profil beliau anda dapat mengunjungi web
STMIK AMIKOM di www.amikom.ac.id
source: Revolusi Strategis Mengubah Proses Bisnis Untuk Meledakan Perusahaan
(M.Suyanto)
source: Revolusi Strategis Mengubah Proses Bisnis Untuk Meledakan Perusahaan
(M.Suyanto)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar