Kamis, 05 Maret 2015

Meledakan Pemasaran

Baiklah sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana memulai bisnis tanpa uang.itu adalah bebera cerita berdasarkan pengalam Bapak M.Suyanto, Prof. Dr, M.M. selaku ketua yayasan STIMIK AMIKOMYogyakarta.Beliau memulai membangun perguruan tinggi AMIKOM tanpa mengeluarkan biyaya sepeserpun.Beliau memulainya dari titik yang paling rendah sampai menuju puncak yang paling tinggi.dulu perguruan tinggi AMIKOM yang begitu kecil hingga sekarang yang begitu megah.
Baiklah tanpa basa-basi lagi langsung saja menuju topik pembahasan.Jika bisnis anda mulai berjalan lancar (biasa-biasa saja) ini lah tips dari saya yaitu bagaimana memboomingkan bisnis yang anda tekuni.
Langsung saja bos mari kita menuju tempat kejadia perkara ;

1.CIPTAKAN VISI DAN MISI
Visi dan misi bisnis ini tidak terlalu berpengaruh pada nilai ,kehendak strategi,tujuan dan sasaran yang besar.akan tetapi visi dan misi ini untuk memberi arah dan sprangkat kriteria untuk mengukur kemajuan yang dicapai dalam suatu perusahaan.

2.CIPTAKAN CAKUPAN  PEMASARAN
Penting bagi seseorang menciptakan cakupan pemasaran yang ada sebagai perusahaan yang berkompetensi baik dalam komunitas,konsumen,industri,dan segala produk.karna dengan menciptkan cakupan pemasaran anda tahu tujuan pemasaran yang harusnya dicapai untuk meledakan bisnis anda.

3.MENCIPTAKAN PASAR TANPA BATAS
Untuk menciptakan hal ini harus mencermati industri alternatif dapat pula dilakukan dengan mencermati kelompok-kelompok strategis dalam industri (sekelompok perusahaan yang bersaing dalam hal yang sama).untuk menciptakan hali ini harus melewati kelompok strategis dengan memahami faktor apa yang menentukan keputusan konsumen .Biasanya konsumen mempertimbangkan dalam kinerja dan harga.

4.MENCIPTAKAN DAYA TARIK EMOSIONAL DAN RASIONAL
Dalam bersaingan dalam dunia bisnis ada dua daya tarik untuk menciptakan ketertarikan konsumen yaitu daya tarik emosional dan rasional.daya tarik tersebut saling berlawanan dalam hal menciptakan keterkaitan tersendiri.
Daya tarik rasional berfokus pada praktek, fungsi atau kebutuhan konsumen secara optimal terhadap suatu produk, yang memberikan tekanan pada manfaat atau alasan untuk mempunyai atau menggunakan suatu merek. Isi dari pesan menekankan pada fakta dan persuasi logis. Daya tarik rasional cenderung informatif dan pengiklan menggunakan Daya Tarik Rasional dalam Iklan umumnya mencoba untuk meyakinkan konsumen bahwa produk mempunyai manfaat khusus yang memuaskan konsumen.seperti contoh kampus STMIK AMIKOM yogyakarta yang membuat brosur periklanan dengan menggunakan  daya tarik rasional. brosur serta visi misi STMIKAMIKOM dapat anda lihat (disini)
sedangkan daya tarik emosional adalah daya tarik iklan yang melibatkan perasaan seseorang. Iklan yang membidik tujuan emosional pernah dicontohkan oleh Kawasaki. Kawasaki di Amerika, misalnya, pernah sukses mengembangkan simbolisme bagi produk sepeda motornya dengan iklan yang menggambarkan seorang pengelana kesepian sedang membelok tajam di tikungan di jalanan gersang & sepi dengan lututnya hampir menyentuh tanah. Iklan ini berhasil memancarkan rasa kebebasan, kecepatan, bahaya, dan kontak dengan alam – pendeknya, emosi bukan performa produk itu sendiri.

 5.ANALILIS LINGKUNGN INTERNAL DAN EKSTERNAL.
Jadilah seorang konsumen dalam hal ini untuk  mengerti menganalisis lingkungn disekitar.Penting bagi seorang yang berbisnis menganalisis lingkungan internal,hasil dari analisis lingkungan internal dapat menghasilkan kekuatan dan kelemahan perusahaan.keunggulan perusahaan meliputi keunggulan  dalam pemasaran,sumberdaya manusia,keuangan,keunggulan operasi serta keunggulan organisasi dalam manajemen.bagaimana sesorang mengerti akan kondisi yang sedang dia hadapi dan apa yang diinginkan oleh kondisi tersebut.maka akan timbulr ide ide baru untuk memikat konsumen ,apa yang konsumen inginkan .

6.MEMBUAT  KONSEP PEMASARAN
Penting bagi seorang pembisinis membuat konsep dalam pemasaran agar konsumen tertarik akan produk yang di hasilkan.buatlah konsep pemasaran tersebut semenarik mungkin agar mendapatkan respon yang kuat dari masyarakat.entah berupa slogan atau yang lainya.
Seperti contoh perguruan tinggi swasta yang melonjak ,STMIKAMIKOM yogyakarta yang membuat slogan “Tempat Kuliah Orang Berdasi”.iklan tersebut ditunjukan pada gambar berikut.

Itulah beberapa tips dari saya semoga bermanfaat bagi anda semua  jika ingin mengetahui lebih lengkapnya ,anda dapat mengunjungi profil Bapak M.Suyanto, Prof. Dr, M.M.    (disini) atau web beliau (disini).
Untuk mengetahui lebih banyak tentang  profil beliau anda dapat mengunjungi web STMIK AMIKOM di www.amikom.ac.id

source: Revolusi Strategis Mengubah Proses Bisnis Untuk Meledakan Perusahaan 
            (M.Suyanto)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar