Jumat, 06 Maret 2015

Langkah Awal Pengusaha Muda



Siapa yang tidak tertarik dengn dunia bisnis?,tentu saja kebanyakan orang tertarik untuk memulai usahanya sendiri ,seperti yang dikatakan oleh almarhum BOB SADINO :setinggi apapun pangkat yang dimiliki andal tetap pegawai,sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah bosnya”.dan rata -rata orang bertanya,lalu bagaimana saya memulainya?,modal dari mana yang saya dapatkan?,apa yang harus saya lakukan ketika gagal?,apa rencana selanjutnya kalo bisnis ini berjalan dengan baik?

Mari kita bahas langsung saja menuju ke  pokok permasalahan.

LANGKAH PERTAMA DALAM DUNIA BISNIS
Yosh tepat sekali langkah pertama dalam berbisnis adalah “MODAL”.
Dalam dunia bisnis modal memang hal yang sangat penting  dalam mendirikan sebuah usaha atau bisnis nah di pembahasan kali ini  saya akan menjelaskan  bagaimana memulai bisnis tanpa uang dengan mengandalkan modal yang ada dalam diri seseorang.
Tanpa basa basi saya akan memberikan beberapa tips yang di berikan oleh ketua yayasan perguruan tinggi STIMIK AMIKOMM. Suyanto,Prof. Dr, M.M.” dimana profil beliau dapat anda lihat di STIMIK AMIKOM . yaitu salah satu karya  buku beliau “11 rahasia memulai bisnis tanpa uang”
Langsung saja bro biar enta semua gak penasaran :
Sesungguhnya Tuhan memberikan  Modal yang tidak ada tandingannya  yaitu OTAK :
Nah bagaimana anda memaksimalkan modal yang sangat penting yang di berikan oleh tuhan?

1.MODALNYA OTAK ?
Sebagian besar orang yang bertemu dengan saya mengatakan bahwa mereka ingin membuka usaha tetapi tidak punya modal. Padahal Tuhan memberikan modal yang tidak ada tandingannya, yaitu “otak”.
Otak Anda tidak lebih dari seuntai anggur, bahkan lebih kecil daripada sebuah kol. Beratnya kurang dari 1,5 kg. Namun, otak beribu kali lebih hebat daripada komputer terhebat di dunia. Seekor lalat buah mempunyai 100.000 sel otak aktif. Seekor tikus memiliki 5 juta sel otak. Seekor kera 10 milyar. Sedangkan Anda memiliki 100 milyar sel otak aktif sejak lahir. Maka Anda sesungguhnya manusia yang sangat luar biasa. Anda tidak punya modal masih dapat membuka usaha dengan otak Anda. Salah satu cara membuka usaha tanpa uang tunai adalah dengan pembayaran belakang dan merupakan senjata ampuh yang pernah saya pakai.
Pada saat kami membuka cabang Primagama di jalan Demangan Kidul nomor 92, yaitu rumah Bapak Sri Satoto. Kita membuka usaha dengan metode pembayaran di belakang. Kita mengatakan “Pak kami akan sewa rumah Bapak selama satu tahun”. “Silakan. Saya senang mahasiswa seperti Anda mempunyai kegiatan”, jawab Pak Sri Satoto. “Kami akan membayar per bulan Pak”, kata kami. “Tidak apa-apa”, jawab Pak Sri Satoto. “Tetapi kami akan membayar mulai bulan depan Pak”. Pak Sri Satoto terdiam sejenak, kemudian berkata “Ya. Tidak apa-apa”. Atas kebaikan Pak Sri Satoto tersebut kita dapat membuka cabang tanpa uang sepeserpun.
Demikian halnya ketika saya mendirikan STMIK AMIKOM Yogyakarta, dengan otak, saya datangi rumah Pak Budi Sutrisno yang mempunyai rumah di Jl. Monginsidi No. 8. “Pak Budi saya akan sewa rumah Bapak selama dua tahun”. “Oh ya silakan. Rumah itu masih kosong” jawab Pak Budi. “Saya akan mulai menyewa bulan Maret ini Pak. Tetapi saya akan membayar pada Agustus dan September”. “Lho kok begitu” kata Pak Budi. “Sebab saya tidak punya uang Pak. Setelah Agustus dan September, Insya Allah saya dapat uang dari mahasiswa dan itu yang akan saya bayarkan pada Pak Budi”. Pak Budi terdiam sejenak, kemudian berkata “Ya tidak apa-apa, tetapi saya mohon dinotariskan ya”. “Ya Pak”, kata saya. Maka Akademi Manajemen Informatika dan Komputer “AMIKOM” Yogyakarta, yang sekarang menjadi STMIK AMIKOM Yogyakartapun dapat berdiri tanpa uang tunai. Sekarang STMIK AMIKOM Yogyakarta telah memperoleh 6 penghargaan internasional, mempunyai Program Magister Teknik Informatika, memiliki tanah sekitar 15.000 meter persegi dan 4 gedung cukup mewah lantai lima serta lantai tiga seluruhnya ber-AC dan Wireless Fidelity (WI-FI), sehingga mahasiswa menyebutnya seperti mall. Kesemuanya dimulai dengan menggunakan otak, bukan dengan uang tunai.
Mahasiswa saya Program Magister Managemen STIE “ABI” Surabaya bercerita juga kepada saya. “Pak saya juga memulai usaha tanpa uang tunai. Saya dipercaya untuk menjualkan barang, setelah laku baru dibayar dengan diberikan tempo 3 bulan. Namun barang itu saya jual dengan harga murah, saya mendapatkan uang tunai. Kemudian saya membeli barang lain yang bisa saya jual dengan harga cukup tinggi sehingga saya dapat untung cukup besar, sehingga dapat membayar barang yang jatuh tempo 3 bulan tersebut”, katanya. Sistem konsinyasi, seperti jualan buku dapat dilakukan dengan pembayaran di belakang. Selamat mencoba. 

2.MODALNYA KEAHLIAN
Keahlian yang Anda miliki merupakan modal yang cukup memadai. Jika Anda memang mempunyai keahlian apapun maka Anda dapat memulai bisnis dengan menjadi konsultan. Konsultan merupakan orang yang ahli dalam suatu bidang yang memberikan petunjuk atau nasihat kepada orang yang memintanya. Anda dapat menjadi konsultan dari berbagai bidang ilmu yang Anda miliki, mulai dari bidang taman, desain, bisnis, manajemen, komputer dan sebagainya. Misalnya Anda dalam bidang penataan taman. Pekerjaan yang Anda lakukan hanya memberikan desain taman lengkap dengan tanaman-tanaman yang Anda sarankan dan ornamen-ornamen penghias taman lainnya Kemudian mungkin Anda lengkapi dengan daftar pemasok di mana segala benda itu dapat diperoleh. Anda memndapatkan imbalan dari jasa desain Anda.
Anda dapat pula tidak sekedar itu, tetapi juga sebagai pengawas dari pekerjaan tersebut, melakukan pemilihan kontraktor pelaksanan, tetapi segala transaksi terjadi antara pemberi kerja dengan pemasok secara langsung. Saat ini yang baru laris adalah penataan dekorasi yang dihiasi tanaman pada peristiwa pengantin.
Jika Anda seorang arsitek, maka Anda dapat menjadi konsultan dari mulai interior rumah sampai interior hotel, restoran, perkantoran dan sebagainya. Dapat pula Anda menawarkan jasa desain yang selama ini Anda tekuni, mulai dari desain rumah, kantor sampai taman yang menyejukkan hati. Keahlian Anda sebagai modal awal Anda memulai bisnis.
Transformations Consulting merupakan perusahaan yang didirikan menggunakan modal keahlian dari para manajer senior perusahaan Fortune 50. Pengalaman bekerja di perusahaan bisnis terbaik tersebut sebagai senjata untuk memasarkan produknya lewat internet dengan membuat situs web dengan alamat www.transformationsconsulting.com. Patty Dodgen, sebagai manajer kerjasama Transformationsgroup mengatakan bahwa mereka mendapat kontrak pertama kali setelah bekerja selama 60 hari. Saat ini pelanggan Transformationsgroup tidak hanya perusahaan-perusahaan kecil tetapi sudah merambah ke perusahaan-perusahaan besar miaslnya, Compaq, Digital Equipment, Honeywell, Kent State University, The American Health Care Management Company, The Corporation for Public Broadcasting, The Bureau of Land Management, The Public Broadcasting System dan Youngstown State University. Cara yang dilakukan Dodgen yaitu menyediakan waktu 10 sampai 15 menit untuk menelpon calon pelanggan yang mengunjungi situs webnya dan yang telah meninggalkan alamat lengkap. Jika tidak mencantumkan telpon, ia menggunakan e-mail. Ia menjelaskan bagaimana konsultannya di Transformationsgroup memberikan konsultasi secara rinci dengan segala kekuatan dan keterbatasannya. ”Kita menjual pengalaman dan kehalian” kata Dodgen.

3.MODALNYA KEPERCAYAAN
Memulai usaha tanpa uang tunai dapat pula Anda lakukan dengan menjadi perantara. Menjadi perantara pada intinya adalah menjual informasi. Informasi merupakan jantung untuk meraih kesuksesan. Pak Ali menjadi perantara ketika STMIKAMIKOM Yogyakarta membeli tanah milik PT. Djarum yang berada di Jalan Ring Road Utara Condong Catur, Sleman Yogyakarta. Luas tanah yang dibeli STMIK AMIKOM Yogyakarta kurang lebih 6000 meter persegi. Harga setiap meter ketika itu Rp. 275.000,-, maka harga keseluruhan Rp. 1.650.000.000,-. Pak Ali mendapat 2,5 % dari harga keseluruhan sebagai perantara, yaitu Rp. 41.250.000,-. Dengan pendapatan yang begitu besar sekali melakukan transaksi, maka menjadi perantara menjadi pekerjaan yang sangat menarik. Demikian juga ketika saya menjual tanah di daerah Monumen Jogja Kembali, seharga Rp. 220 juta, kawan saya sebagai perantara mendapat Rp. 5,5 juta dari saya. Belum lagi kawan saya juga mendapat bagian dari pembeli tanah saya. Cukup lumayan bukan?.
Saya mempunyai kawan bernama Pak Bambang yang tinggal di Surabaya. Salah satu pekerjaanya selain mempunyai Biro Hukum juga menjadi perantara dari kawan-kawannya. Pak Bambang biasanya menjadi perantara jual beli perusahaan-perusahan besar. Jika Pak Bambang mengatakan bahwa perusahaan tersebut Clear, maka kawannya baru mau membeli perusahaan tersebut. Profesional fee, yang diperoleh bukan lagi dalam jutaan rupiah, tetapi dalam milyaran rupiah. Meskipun kaya, tetapi Pak Bambang orangnya tetap sederhana. Sebagian uangnya digunakan untuk membeli berbagai macam Perguruan Tinggi dan Sekolah dan diberikan kepada kawan-kawannya yang kemampuan finansialnya masih jauh darinya. ”Iki sawah paculono, neng ojo pacul-paculan” kata Pak Bambang memberi nasihat kepada kawan-kawannya.
Anda dapat menjadi perantara berbagai macam produk. Di harian Kedaulatan Rakyat setiap hari selalu muncul iklan-iklan baris yang menawarkan berbagai macam peluang. Mulai dari rumah, tanah, mobil, sepeda motor, handphone, barang-barang elektronik dan berbagai macam yang lainnya. Anda dapat memanfaatkan kesemuanya sebagai informasi yang sangat luar biasa. Anda dapat menjadi perantara dari berbagai macam kebutuhan manusia. Anda sekarang telah menjadi konglomerat baru, karena mempunyai berbagai macam barang dagangan yang tak terhitung jumlahnya. Itupun baru dari satu media. Belum menggunakan media selain Harian Kedaulatan Rakyat. Apalagi di media yang disebut Internet, lebih bertaburan peluang bisnis bagai bintang bertaburan di ruang angkasa. Menjadi perantara merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan yang menjadikan Anda dapat memulai usaha tanpa uang tunai. Selamat mencoba, semoga Anda berhasil.

Itulah beberapa tips memulai bisnis tanpa uang yang saya harap berguna bagi anda dan artikel yang lainya dapat anda baca  yaitu disini atau mengenal profil beliau disini

Source : http://msuyanto.com/baru/?p=745
             http://msuyanto.com/baru/?p=716
             http://msuyanto.com/baru/?p=343
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar