Jumat, 06 Maret 2015

Jalan Menuju Cahaya




Semua orang mungkin takut gagal baik itu dalam hal usaha atau yang lainnya.namun perlu anda ketahui bahwa kegagalan merupakan guru yang tebaik dalam hidup,jangan pernah takut gagal,karna kegagalan adalan jalan menuju kesuksesaan.karna dengan gagal kita tidak akan terjebak dalam lubang yang sama,seperti yang dikatakan oleh almarhum guru saya “ora ono wong mulyo tanpo rekoso” “tidak ada orang mulia tanpa adanya kerja keras”.

Kita semua pernah gagal dalam tes, menderita dalam cinta yang membuat frustrasi yang tidak berhasil, menyususn rencana bisnis yang kemudian gagal. Kata hasil” itulah yang digunan orang sukses, mereka tidak melihat kegagalan. Mereka tidak percaya kepada kegagalan. Itu tidak masuk hitungan mereka. Sukses merupakan kebalikan dari gagal. Sukses sesungguhnya hanyalah status sosial atau hanyalah sebuah prestasi yang telah dicapai dari suatu tujuan atau sasaran
Orang selalu sukses mendapatkan semacam hasil. Sukses-sukses super dari kebudayaan kita bukanlah orang yang tidak gagal, melainkan orang yang tahu bahwa mereka mencoba sesuatu dan tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka mendapatkan pengalaman belajar. Mereka gunakan apa yang telah mereka pelajari itu dan mencoba sesuatu yang lain saja. Mereka ambil tindakan-tindakan baru dan menghasilkan hasil-hasil baru. Abraham Lincoln paling tidak mengalami minimal 11 kegagalan besar sebelum menjadi Presiden. Asa Candler pembeli hak kemasan Coca-Cola pernah gagal memasarkan minuman pada pabrik soda pada 1899. Steve Jobs dengan tidak melisensikan sistem operasi Macintosh kepada pihak lain menjadi gagal menguasai sistem operasi dunia yang sekarang dipegang oleh Microsoft, bahkan Steve Jobs sendiri pernah didepak dari Apple. Akio Morita dari Sony juga pernah gagal karena tidak mau melisensikan video Betamax yang lebih baik dari VHS buatan Matshushita. Sekarng video yang ada adalah VHS, karena Matshushita mau melisensikan teknologinya kepada pihak lain. Warren Bennis dari Xerox pernah gagal karena memutuskan tidak menjual PC, padahal Xerox mempunyai teknologi lebih baik dibandingkan yang lainnya. Henry Ford gagal dalam memproduksi dan memasarkan kapal dan pesawat terbang dibandingkan dengan memproduksi dan memasarkan mobil. Soichiro Honda menyatakan bahwa yang diketahui orang lain tentang kesuksesannya itu hanya 1 % padahal kegagalannya 99% yang tidak diketahui orang.
Salah satu aset yang bermanfaat hari ini dibandingkan hari kemarin adalah pengalaman. Orang yang takut gagal akan berperilaku untuk tidak berbuat sesuatu yang mungkin tidak efektif. Inilah yang menghalangi mereka dari mengambil tindakan yang sebetulnya bisa menjamin tercapainya keinginan mereka. Orang yang percaya pada kegagalan itu hampir dijamin biasa-biasa saja keberadaannya. Kegagalan adalah sesuatu yang pokoknya tidak dipersepsikan oleh orang-orang yang mencapai kebesaran. Mereka tidak terpuruk oleh kegagalan. Mereka tidak melekatkan emosi-emosi negatif kepada sesuatu yang tidak efektif. Maka sesungguhnya kegagalan itu tidak ada, tetapi yang ada adalah hasil yang tidak sesuai dengan yang kita inginkan dan kesuksesan sejati adalah apabila kita dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan Tuhan.
baik itu tadi adalah sedikit cerita mengenai kegagalan yang bersumber dari Bapak M. Suyanto,Prof. Dr, M.M selaku kepala yayasan perguruan tinggi STMIK AMIKOM Yogyakarta,sekarang inilah beberapa tips untuk anda bagaimana cara merubah kegagalan menjadi kesuksesan.
1.Cari penyebab Kegagalan Anda
 Banyak orang mengalami frustasi berat ketika mengalami kegagalan. Kalau Anda begitu, selamanya Anda tidak akan menemukan penyebab kegagalan Anda.
Diam dan renungkan, apa yang menjadi penyebab kegagalan Anda. Dan catat disecarik kertas atau buku. Kemudian mulai ambil secarik kertas dan tulis jalan keluarnya.
Berlaku juga bagi Anda yang dalam pekerjaan sehari-hari merasa kurang mencapai target penjualan atau target income.

2.Berpikir dan Bertindak Positif Menghadapi Kegagalan
Kata “GAGAL” adalah kata yang paling ditakuti oleh banyak orang. Kalau ditanya, “Siapa yang mau gagal dalam hidupnya?”. Saya yakin Anda tidak akan angkat tangan atau pun menjawab.
Percayakah Anda, terkadang Kegagalan berasal dari pemikiran Anda sendiri. Karena pemikiran mempengaruhi apa yang terjadi dalam hidup kita.
Contoh, biasanya Anda mendapatkan order dari dalam negeri. Ketika mendapatkan order dari luar negeri Anda mulai berpikir, “Apakah Bisa?”. Kalau Anda yakin dengan mengatakan “Saya bisa dan ini mudah”. Maka akan mudah. Tapi kalau Anda ragu dengan mengatakan “Sepertinya saya tidak bisa”. Maka selamanya Anda tidak bisa.
Hadapi sebuah Kegagalan dengan pemikiran yang positif dan tindakan yang positif, karena di setiap kegagalan pasti ada pembelajaran tersendiri untuk bangkit.
Dalam dunia Internet, terdapat banyak sekali Website yang menawarkan program menghasilkan Uang dengan mudah. Seperti Klik Iklan, Members Get Members. Ada beberapa yang SCAM dan ada beberapa yang digosipkan SCAM. Lalu Anda searching di Google, ternyata ada orang yang bilang SCAM. Apakah Anda tidak akan mencoba?. Kalau jawaban Anda “Iya”. Maka Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan uang di Internet.
Saya pribadi tidak akan percaya sampai saya membuktikan, selama itu Gratis!. Kalau berbayar, buktikan terlebih dahulu apakah Komisi kita dibayar atau tidak. Ingat! Selalu ada timbal baliknya. Di balik Kegagalan terdapat sebuah Kesuksesan.

3.Cari Kemampuan atau Keahlian Anda untuk Menghadapi Kegagalan
Saya tidak percaya, kalau ada yang mengatakan “Saya tidak memiliki Keahlian, Kemampuan atau Hobby dalam diri”. Karena setiap orang pasti memilikinya sekecil apapun.
Mulailah catat di secarik kertas, apa saja keahlian, kemampuan atau Hobby Anda dan apa saja yang Anda sukai. Kemudian renungkan dan tanyakan dalam diri, “Apakah ini penyebab kegagalan saya?. Karena tidak sesuai dengan kemampuan yang saya miliki?. Lalu bagaimana caranya agar saya bisa bangkit dari kegagalan ini dan menjalankan sesuai kemampuan saya?”.
Setelah Anda tahu jawabannya, Anda pasti akan ketemu penyebab Kegagalan Anda selama ini.

4.Bangkit, Take Action, Trial and Error
Banyak orang setelah mengalami kegagalan, selalu meninggalkan pekerjaan atau usaha yang sudah dijalankan dan mulai mencari peluang yang baru.
Saya tidak mengatakan itu salah, ada 2 hal yang sering dilakukan oleh orang Sukses, yaitu:
1. Bangkit dengan mulai menjalankan kembali usaha yang lama, sambil merintis usaha yang lain.
2. Bangkit dengan menjalankan usaha yang baru sambil mulai membenah usaha yang lama.
Yang salah adalah ketika Anda berpindah ke usaha yang baru dan meninggalkan usaha lama yang sudah Anda kuasai.
Untuk mencapai keberhasilan, jangan pernah berhenti untuk selalu belajar dan belajar, jangan pernah berhenti untuk mencoba dan mencoba, jangan pernah bosan untuk mengalami kegagalan dan kegagalan untuk dapat bangkit kembali menuju Kesuksesan. Tidak ada yang Instant!.
Orang yang Sukses adalah orang yang mengalami Kegagalan 100 kali dan mencoba 110 kali untuk menemukan Kesalahan/Kegagalan dan Bangkit dari Kegagalan.

itu adalah beberapa tips untuk anda semoga bermanfaat bagi anada semuanya.ingat bebaskan dirimu jangan pernah ada ikatan dan jangan pernah takut akan kegagalan itulan kunci agar hidup anda tidak dalam tekanan.

              15 Cara mengubah kegagalan menjadi kesuksesan (M.suyanto)
               www.amikom.ac.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar